Wednesday, January 24, 2018

NHW1 # Adab Menuntut Ilmu


NHW1# Batch5

Bismillah, 

Saya adalah Ibu dari 1 anak Khalid (5bln) yang dalam beberapa minggu kedepan akan mengikuti kelas  Matrikulasi Ibu Profesional. Dan Blog ini akan dihiasi banyak tulisan NiceHomeWork ^^

Laporan NHW1

1/ Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini ?
    Ilmu Ikhlas,

2/ Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut ?

Karena hakikatnya untuk saya ilmu Ikhlas adalah pondasi utama saya menjalani kehidupan ini. Saya ingin menjadi orang yang bisa memiliki ilmu ikhlas agar bisa menjadi Ibu, Istri sekaligus Wanita yang bisa membersamai semua hal yang saya miliki. Ikhlas untuk menerima qadha dan qadar yang sudah ditetapkan pada diri saya. Ikhlas untuk tidak terlalu sering mengeluh dan kecewa. Karena Ikhlas sangat berpengaruh pada hati dan akal yang menjadikan sikap dan pikiran kita menuju kearah yang positif maupun negatif.

3/ Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan dalam bidang tersebut ?

* Niat untuk mencari ridho Allah dalam menjalani hidup dan membangun keluarga yang berkah dunia dan akhirat,
* Membaca AL-Qur'an  bersamaan dengan artinya agar  saya selalu ingat bahwa Allah  pasti memberi Hikmah dari apa yang saya lalui dalam hidup,
* Membaca sirah Nabi dan para Sahabat  Nabi supaya tertanam dalam diri saya untuk meneladani dan berusaha mengamalkannya,
* Selalu berusaha melihat kebawah agar tumbuh rasa syukur untuk mengurangi kekecewaan atas apa yang tidak saya miliki.
* Membuat agenda mingguan diisi  dengan hal-hal positif 
* Perbanyak wudhu dan sedekah

4/ Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut ?

- Tidak bosan untuk selalu beristighfar
- Mengelola emosi
- Belajar untuk tidak mudah mengeluh
- Belajar untuk mengurangi sifat ngambek saya
- Berusaha memaafkan agar segala ilmu yang sedang dipelajari bisa benar-benar masuk ke dalam hati dan diamalkan
- Bersungguh-sungguh dan mendahulukan hal-hal baik






#NHW1
#Matrikulasi
#Batch5
#IIP 

Salam Ibu Profesional




No comments:

Post a Comment