Tuesday, September 11, 2012

Belajar Itu Asyik Sobat. . .


            Apa ada temen-temen kita yg pernah mengeluh “ aq males banget tw belajar “ ?? ada kan pazti nya bahkan mungkin banyak banget. Terkadang memang belajar itu membosankan alias bikin jenuh, tapi kalo kita bisa menemukan cara belajar yang unik pazti menyenangkan. Intinya kita harus tau cara belajar yang cocok untuk kita seperti apa dan ciptakan suasana belajar yang baik. Disini kita bisa mengetahui cara menciptakan suasana belajar dan sarana belajar yang menyenangkan.

1.    Kalo kamu seneng belajar d kamar, usahakan kamar kita selalu bersih dan nyaman. Jangan lupa pasang pengharum ruangan. Tapi kalo kamu seneng belajar di luar ruangan, usahain cari tempat yang sejuk dan nyaman, contohnya di taman atau di bawah pohon  :)

2.    Buat point-point penting dalam sebuah mata pelajaran/kuliah, kamu juga bisa nambahin warna atau beberapa gambar dalam tulisan kamu. Lalu kamu bisa tempelin di dinding kamar kamu sesuai keinginan kamu.

3.    Kalo kamu lebih suka belajar sambil dengerin lagu/listening, jangan lupa setel lagu klasik atau pop, mood belajar kamu pazti jadi lebih semangat.

4.    Belajar kelompok juga bisa menjadi salah satu cara belajar yang menyenangkan kalo kamu lebih suka berinteraksi dengan banyak orang. Buat yang lebih suka belajar sendiri, pastinya tempat dan suasana yang jauh dari keramaian cocok buat kamu ;)

5.    Atur tempat belajar kamu senyaman mungkin sesuai keinginan kamu, kamu bisa menambahkan pernak-pernik pendukung belajar kamu. Karena suasana ruangan juga mempengaruhi mood kamu lho.

6.    Buat pembatas buku sendiri. Kamu bisa bikin pembatas buku sesuai keinginan kamu, kamu bisa tambahin gambar atau tulisan, atau kamu juga bisa tambahin sebuah nama atau sisipin sebuah foto kecil 
( boleh foto b’dua bareng doi ) yang bisa bikin kamu semangat. Ini biasanya cara yang lumayan ampuh bikin semangat belajar jadi bertambah, hehe.

7.    Sebelum belajar kamu bisa sediain cokelat panas atau susu cokelat, ini salah satu sarana yang bisa bikin pikiran kamu menjadi lebih rileks.

8.    Lebik baik belajar di pagi hari ketika pikiran kita masih fresh, antara jam 3-8 pagi. Paztinya itu bakal lebih terekam di memory kamu. Dan yang terpenting jangan terapkan SKS( sistem kebut semalam ) ya :)

Itu beberapa catatan kecil untuk kamu yang pengen menciptakan suasana belajar yang baik. Semoga bermanfaat  (^_^)

No comments:

Post a Comment